Computer Articles And Tutorial

Domain



 adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website Misalnya kita ingin ke Google atau Facebook, namun Google dan Facebook tidak memiliki domain google.com dan facebook.com. Kita harus menghafal IP mereka masing-masing misalnya saja 202.2.1.12 dan 64.5.5.10. Sangat sulit bukan?
Dengan adanya domain, kita lebih mudah menghafal alamat suatu website atau blog…
Intinya: Domain adalah alamat paten suatu website, agar kita bisa membuka halaman website tertentu.
Nah, biasanya ada yang bertanya, “Apakah mendapatkan domain itu bayar?”. Jawabannya adalah tergantung. Saat ini ada yang menyediakan domain gratis maupun domain berbayar. Domain gratis kebanyakan adalah subdomain, yaitu domain utamanya sudah ada yang punya, namun dia menyediakan domain lain dengan ekstensi domain utama (Top Level Domain/TLD) tersebut.
Misalnya adalah domain gratis co.cc. Kalau kita mendaftarkan website/blog dengan domain co.cc, sebenarnya kita mendapatkan subdomain. Domain utama adalah co.cc, namun yang kita dapatkan adalah “namakita.co.cc”, namasaya.co.cc, blogsaya.co.cc, dan sebagainya. Itu disebut subdomain. Saya bisa juga membuat subdomain di blog ini, misalnya “akucakep.diwordpress.com”.
Penyedia blog gratis juga menyediakan subdomain. Sebut saja WordPress.com, Blogspot.com, dagdigdug.com, blogdetik.com, dan lain-lain. Namun adakah domain yang benar-benar gratis? Ada! dot.tk menyediakan domain gratis untuk saat ini. Jadi kita bisa mendapatkan domain “namakita.tk” secara gratis dari http://dot.tk.
Bagi anda yang ingin memiliki suatu website tentunya domain merupakan komponen penting dalam pembuatan website. Apakah pengertian Domain ? Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.
Domain ada yang berbayar ada pula yang gratis, Domain berbayar biasanya merupakan Top Level Domain antara lain :
Domain .com, .org, .net, .gov, .info, .tv, cc, dan lain lain
Domain gratis biasanya merupakan second Level Domain atau Sub Dub domain dari Top Level Domain. Meski merupakan sub domain, namun Domain Gratis ini bisa kita menfaatkan layaknya Top level domain. Karena penyedia Domain gratis ini juga melengkapi domain gratis tersebut dengan fasilitas management DNS antara lain setting Name Server , URL Fowarding dan juga Full DNS Management yaitu fasilitas a record, MX Record, NS Record, CNAME dan TXT Record.
Beberapa domain gratis untuk website antara lain :
  1. TK daftarkan domain gratis ini dot TK di http://dot.tk
  2. CO.CC daftarkan domain gratisco.cc di http://co.cc
  3. CZ.CC daftarkan domain gratis cz.cc di http://nic.cz.cc
  4. CO.BE daftar domain gratis co.be di http://www.freedomains.co.be
  5. CE.MS daftarkan domain gratis ini di http://www.freedomains.ce.ms
  6. CO.TV daftarkan domain gratis co.tk di http://www.co.tv
  7. CO.NR domain gratis ini hanya memiliki fasilitas url fowarding, daftarkan di http://www.freedomain.co.nr
Domain gratis diatas seluruhnya bisa manfaatkan untuk kebutuhan website, blog, site email atau url fowarding. Domain gratis diatas juga bisa anda gunakan pada webhosting berbayar maupun hosting gratis. Domain Gratis bisa anda dapatkan secara gratis melalui link di atas , meski ada beberapa domain premium yang hanya bisa anda dapatkan dengan register berbayar.




Responses

0 Respones to "Domain"

Poskan Komentar