Computer Articles And Tutorial

Melihat Flashdisk Dengan Fungsi Berbeda




Tahukah engkau, flashdisk itu ternyata punya banyak manfaat. Tentu, kami yakin kau juga pasti sudah tahu. Selain untuk menyimpan dan mentransfer file, flashdisk juga bisa di gunakan untuk banyak kepentingan. Misalnya: 
1. Menjalankan aplikasi portable.
Selain untuk menyimpan data, kau juga bisa menggunakan flashdisk untuk menjalankan program. Asalkan program tersebut bersifat portable. Yang artinya, program tersebut bisa tetap bekerja dengan sempurna, meskipun hard drive atau media penampungnya berpindah tempat. 
Misalnya OpenOffice. Para pengguna dan pecinta Linux, pasti tahu kegunaan program tersebut. Yap, kata orang, OpenOffice adalah MS. Office-nya Linux. Selain OpenOffice? 
Kau pasti kenal dengan Mozilla Firefox, betul? Yap, browser untuk mengakses internet. Tahukah engkau, kalo ternyata kau bisa menyimpan dan menjalankan Mozilla melalui flashdisk. Keuntungannya? Banyak. Terutama mungkin buat mereka yang sering mengakses internet dari berbagai tempat (menyukai hidup berpindah-pindah.) 
Misalnya di rumah teman atau sahabat, jiron tetangga, sanak keluarga, handai taulan, dan beberapa padanan kata lainnya... yang tidak mungkin kami sebutkan semua satu persatu disini. Gimana? Masih kurang?
Kalo elo merasa dua contoh program diatas dirasa masih sangat kurang, elo bisa mencari program-progam portable lainnya melalui situs PortableApps.com. Di situs itu, elo bisa mencari program-program portable yang sesuai dengan kebutuhan elo-elo pade. 
2. Membooting sistem operasi.
Eh... tahu kaga ente.... ternyate... selaen bisa buat ngejalanin program aplikasi, ternyate.... dan tidore... flashdisk itu juga bisa bisa buat ngebooting sistem operasi. Udah tahu ye? Syukur deh kalo gitu. Jadi aye kaga perlu lagi capek-capek lagi buat nyoba ngerubah kepercayaan dan keyakinan ente. Soalnye, aye juga kaga mau tuh... kepercayaan dan keyakinan ane ade nyang coba ngerubah-ubahnye.
Maksud lo?
Maksud ane adalah... ente bisa menggunakan flashdisk buat membooting atau ngejalanin sistem operasi. Dua-duanya juga bisa, Windows dan Linux. 
Gunanye bang? 
Banyak mpok. Misalnya buat persiapan, percadangan, persimpanan, perdagangan dan pertukaran. Kite pan kaga tahu tuh, ape yang bakal terjadi dengan sistem operasi yang sedang kite pake sekarang ini. Nah, kaga ade salahnye pan, kalo kite nyiapin juge sistem operasi di tempat laen, misalnya di flashdisk tadi, betul? Betul... betul... betul.
Nah, kalo ente kepengen informasi lebih lanjut mengenai cara membuat flashdisk yang bisa buat ngebuntingin... eh.. ngebootingin komputer, baik yang bersifat Windows maupun berhaluan Linux, ntar dah... kita bahas di episode-episode berikutnya.
3. Mengkonfigurasi jaringan wireless dengan mudah.
Ini mungkin terutame sangat bermanfaat buat ente-ente nyang sedang ngebuat atawa mengkonfigurasi jaringan wireless. Nah, dengan menggunakan jasa flashdisk, kerjaan ente ntu bakal jadi lebih enteng. Koq bisa ye? 
Iye mpok. Dengan flashdisk di tangan kanan... dan keris di tangan kiri, berselempang semangat yang tak pernah mati, Pangeran Diponegoro pun bisa mengkonfigurasi perangkat wireless dengan cepat. Bener mpok... yakin aja dah. 
Itu semua bisa dilakukan oleh Pangeran Diponegoro dengan mudah dan cepat, berkat bantuan dari fasilitas Wireless Network Setup Wizard (XP) atawa Windows Connect Now (Vista). Dengan fasilitas tersebut, beliau tinggal simpen konfigurasi wireless nya di flashdisk, lalu mengkopikennya ke perangkat wireless laennye. 
Nah, kalo mpok masih penasaran dan ingin informasi lebih lanjut... hubungi saja beliau...
4. Buat ngeset ulang password.
Nah kalo nyang inini... ane rasa bakal berguna banget buat nyang sering ngelupa-lupa-in password. Tapi tentu saje password nyang ane maksud di sini bukan semua password. Melainkan password buat login ke Windows, atawa password account ente di Windows. Ente tau kan maksudnye?
Nah, kalo ente pernah ngalamin kejadian yang ganjil seperti itu, ente bisa mengatasinye dengan cara memanfaatkan flashdisk. Ente bisa memanfaatkan flashdisk tersebut buat dijadiin disk untuk ngeset ulang password. Caranya? Baca gih... informasi selengkapnye disini.
5. Menambah kecepatan komputer.
Ini terutama buat para pengguna dan penganut Windows Vista. Sedangkan buat penganut-penganut yang laen, kami mohon ma;af, karena kami belum menemukan informasinya. Sedangkan bagi anda yang penganut Vista... tahukah anda, bahwasanya flashdisk yang anda punya, bisa anda gunakan untuk mempercepat sistem anda? Tidak tahu?
Tahukah anda, dengan flashdisk tersebut, anda bisa memanfaatkan teknologi yang disebut dengan ReadyBoost, untuk menambah kecepatan Windows Vista anda? Teknologi tersebut bekerja dengan cara memanfaatkan space yang ada di flashdisk untuk dijadikan memory chache tambahan. 
Dan karena kecepatan akses flashdisk biasanya lebih cepat dari hardisk, tentu saja hal itu akan memberi pengaruh yang cukup significan dan menyenangkan, betul bukan? Untuk informasi dan pemesanan... hubungi marketing kami melalui kotak sebelah kanan.
6. Mengorganisir file-file di komputer.
Jika kamu benar-benar ingin memanfaatkan flashdisk secara maksimal untuk memindah-mindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya. Dan tidak ingin mengalami banyak kesulitan dalam hal duplikasi atau kesamaan. Serta menggunakan Windows XP sebagai sistem operasinnya, maka kamu bisa memanfaatkan utility yang disebut dengan Drive Manager.
Dengan utility tersebut, kamu jadi lebih mudah untuk memindah-mindahkan file dari dan ke flashdisk. Juga membackup atau merestore seluruh isi dari atau ke hardisk. Mengganti labelnya. Atau bahkan membuat file autorun.inf yang akan mengeksekusi utility Drive Manager secara otomatis setiap kali kamu menusukkan flashdisk ke dalam lubang yang ada di komputer mu.
Untuk informasi lebih lanjut... hubungi marketing kami di situs Microsoft TechNet Magazine. 
7. Menggunakan flashdisk sebagai MP3 player.
Maukah engkau bisa tetap mendengarkan musik saat sedang bekerja di depan komputer walaupun sedang tidak membawa MP3 player? Jika demikian, engkau bisa memanfaatkan flashdisk untuk memenuhi keinginan mu yang cukup aneh itu. 
Dengan Windows Media Player dan sebuah headphones, copy file-file MP3 mu ke dalam flashdisk, tusukkan (colokin) flashdisk tersebut ke komputer, dan arahkan Media Player untuk membuat library dari semua lagu yang ada di flashdisk. Dengan begitu, kau akan bisa memanfaatkan semua fasilitas yang dimiliki oleh Media Player. Cobalah sekarang juga!
8. Mempassword flashdisk.
Ini terutama sangat berguna bila data-data yang ada di flashdisk mu itu bersifat sensitif, kriminalitatif, sensualitif, diskrimalitif dan agak moneypulatif. Kamu tentu tidak ingin data-data itu dilihat dan diketahui oleh orang lain yang tidak berkepentingan atau memberi keuntungan. Nah, dengan bantuan dari utility Rohos Mini Drive, kamu bisa memproteksinya dengan mudah. Cobalah, atau kau akan menyesal nantinya.
9. Menjalankan website melalui flashdisk.
Jika kamu seorang web developer, atau web designer, atau web marketer, atau web programmer, atau web supporter, atau web-web lainnya... kamu pasti tertarik untuk mencobaServer2Go. Dengan utility tersebut, kamu bisa memiliki web server yang mensupport Apache, PHP, MySQL dan Perl. 
Yap, semuanya bisa berada dan berjalan mulus di flashdisk mu. Server2Go kompatibel dengan semua versi Windows, mensupport semua jenis browser, dan yang lebih enaknya lagi... gratis... yap... tanpa bayar.
10. Mengunci komputer melalui flashdisk.
Pernahkah kau menonton film yang memperlihatkan seorang agen rahasia ataupun penjahat yang sedang sibuk mengutak-atik dan membongkar password? Pernah? Dimana? Kapan? Sama siapa? Judulnya apa? Siapa pemain utamanya? Sutradaranya? 
Batewai... jika menurut mu aksi tersebut sepertinya cukup cool untuk dicoba, kamu pasti ingin menyelidiki Predator. Sekali terinstall dan di konfigurasi, utility tersebut akan membuat flashdisk mu berfungsi sebagai kunci untuk membuka atau menyegel komputer. Hebat bukan?


Responses

0 Respones to "Melihat Flashdisk Dengan Fungsi Berbeda"

Poskan Komentar