Computer Articles And Tutorial

Menyimpan Seluruh Isi Web di Komputer




Beberapa waktu yang lalu sebagian mahasiswa informatika mendapat tugas untuk membuat blog pribadi masing-masing untuk dipresentasikan kepada dosen bersangkutan, bagi yang mempunyai modem atau bisa terkoneksi dengan internet dimanapun tentu tidak ada masalah untuk menunjukkan hasil blognya tetapi bagaimana kalau kita tidak terkoneksi dengan internet...solusinya bisa menggunakan software Pagenest

Dengan software Pagenest ini, Anda dapat menyimpan seluruh isi web di komputer sehingga dapat menghemat waktu browsing karena akan dijalankan secara offline di komputer anda . Software ini sangat efektif untuk menghemat biaya jika koneksi Internet Anda dibayar berdasarkan lamanya waktu online. Selain untuk menyimpan seluruh isi web yang Anda inginkan, software ini juga bisa dijadikan sarana backup blog Anda, sehingga Anda memiliki arsip dari seluruh artikel di blog Anda di komputer.

Setelah Anda menginstall Pagenest dan menjalankannya, Anda langsung melihat window yang menanyakan setting koneksi Internet Anda

pagenest offline browser

Isilah dengan setting koneksi internet Anda saat ini, yang bisa dilihat di:
  • Mozilla Firefox: Tool -> Options -> Advanced -> Network -> Setting
  • Internet Explorer: Tool -> Internet Options -> Connection -> LAN Setting (jika memakai proxy).
  • Opera: Tool -> Preferences -> Advanced -> Network -> Proxy Servers (jika memakai proxy).
Jika Anda meng-cancel window di atas, Anda bisa setting melalui menu Options.

pagenest offline browser

Pada menu Options, tab General, Anda bisa men-setting seolah-olah Pagenest adalah browser-browser terkenal pada saat mengunjungi web site yang akan di-copy atau backup ke komputer. Coba pilih Firefox.
pagenest offline browser

Cara men-download sebuah web site

  • Address of the site, isilah dengan URL web yang akan di-copy ke komputer Anda, misalnya http://mediarie.blogspot.com
  • Klik select untuk menentukan tempat menyimpan file Anda.
Klik Next kemudian klik Advanced.
pagenest offline browser

Menentukan kedalaman menyimpan

Klik pada bagian Advanced, di sini Anda akan diminta menentukan kedalaman website dihitung dari halaman pertama. Kedalaman 1 adalah halaman itu sendiri. Misalnya jika Anda menyimpan halaman http://mediarie.blogspot.com dengan kedalaman 2, maka seolah-olah Anda menyimpan halaman itu ditambah halaman yang terbuka jika semua link pada halaman itu di-klik satu kali. Halaman ini (artikel yang sedang Anda baca), juga ikut tersimpan karena merupakan salah satu link di halaman indeks yang berisi daftar seluruh artikel.
Untuk mencoba, atur kedalaman menyimpan 2 halaman seperti pada gambar di bawah ini.
pagenest offline browser

Selanjutnya klik Next dan Download. Akan muncul sebuah window yang dapat di-minimize.


pagenest offline browser

Pada gambar di atas terlihat jumlah file total (Files) dan jumlah file yang akan di-download (ToDo). Untuk menghentikan sementara, klik Pause, sedangkan untuk menghentikan download dan menyimpan web site tersebut ke komputer Anda, klik Pause & Parse. Tunggu beberapa saat, setelah itu Anda dapat membuka file seluruh isi website yang di-download secara offline tanpa terkoneksi internet.


Selamat mencoba!

download pagenest


Responses

1 Respones to "Menyimpan Seluruh Isi Web di Komputer"

rukmana mulya mengatakan...

nice info sob,thanks dah share


6 November 2011 00.05

Poskan Komentar