Computer Articles And Tutorial

Notepad plus plus



Pengguna OS Windows tentu tidak asing dengan aplikasi Notepad, aplikasi “bonus” dari Windows ini merupakan aplikasi text editor yang sederhana dan ringan. Tapi jika Anda beranggapan bahwa Notepad adalah aplikasi cek-ecek dan kurang bermanfaat maka Anda harus segera “bertaubat”, sebab banyak para hacker dan programmer (khususnya web programmer) yang memanfaatkan apliasi mungil ini (Notepad) sebagai salah satu “amunisi mematikan” dalam melancarkan aksinya (bagi hacker) dan sebagai text editor (bagi web programmer), misalnya untuk membuka dan mengedit file HTML. Lalu apa bedanya dengan Notepad plus plus?
Dilihat fungsinya kedua aplikasi ini sama, yaitu sebagai software text editor. Berikut akan di paparkan fakta-fakta tentang Notepad ++.

Notepad++ merupakan text editor free source code (aplikasi gratisan) di bawah lisensi GPL (General Public License) yang mendukung banyak programming language (bahasa pemrograman) di lingkungan Windows. Bahasa pemograman yang didukung Notepad plus-plus antara lain: C, C++, Java, C#, XML, HTML, PHP, Javascript, RC file, makefile, nfo, doxygen, ini file, batch file, ASP, VB/VBS, SQL, Objective-C, CSS, Pascal, Perl, Python, Lua, Unix Shell Script, Fortran, NSIS and Flash action script. Fitur utama Notepad++ adalah Syntax Highlighting dan Syntax Folding, User Language Define System, Regular Expression Search, WYSIWYG (jika anda memiliki printer warna, cetaklah source code anda dengan warna), dukungan Unicode, dukungan drag-and-drop, Brace and Indent guideline Highlighting.
Jadi, perbedaan dan perbandingan antara Notepad dengan Notepad ++ adalah:
    Meskipun banyak yang mengataka kedua aplikasi ini merupakan text editor, tapi lebih tepatnya Notepad termasuk text editor maka Notepad ++ adalah code editor
    Notepad tidak support syntax highlighting, sedangkan Notepad++ support syntax highlighting untuk ASP, Ada, ASCII art, Assembly, AutoIt (Limited support for AutoHotKey), BAT, C, C#, C++, Caml, CSS, doxygen, FORTRAN, HTML, Haskell, Java, JavaScript, KiXtart, Lisp, Lua, makefile, Matlab, Objective-C, Pascal, Perl, PHP, PostScript, Python, Ruby, Scheme, Unix Shell Script, Smalltalk, SQL, Tcl, TeX, Verilog, VHDL, VB/VBScript, dan XML.
      Notepad tidak ada Compiler Integration sedangkan Notepad++ memiliki Compiler Integration
      Notepad tidak mendukung code folding sedangkan Notepad++ support
      Notepad tidak terdapat spell checking sedangkan Notepad++ ada
      Notepad tidak mendukung text folding sedangkan Notepad++ mendukung text folding.
      Notepad tidak mendukung Auto completion sedangkan Notepad++ mendukung
      Notepad tidak mendukung Auto Indentation sedangkan Notepadd++
      Notepad tidak mendukung Bracket Matching sedangkan Notepad++ mendukung
          Untuk mendapatkan atau download Notepad ++ versi terbaru silahkan download disini:


          Responses

          0 Respones to "Notepad plus plus"

          Poskan Komentar