Computer Articles And Tutorial

Sekilas Tentang SEO



Perusahaan Riset kelas dunia (Forrester Research) yang cukup bergengsi mengeluarkan FAKTA yang sangat perlu untuk Anda cermati yaitu:
“93% orang menggunakan search engine untuk mencari informasi”
Hasil survey langsung kepada pengguna search engine, ternyata:
”87% pengunjung website datang dari halaman 1”
Artinya jika website Anda tidak muncul di halaman 1 di search engine untuk keyword produk yang Anda jual, maka Anda kehilangan 87% calon prospek yang potensial, dan mereka tidak akan pernah melihat produk Anda walaupun produk tersebut sangat mereka butuhkan.
“75% pengunjung tidak pernah melihat lebih dari halaman 4”
Artinya jika website Anda tidak muncul di 4 halaman awal dari search engine, maka Anda kehilangan 96.75% calon prospek yang masih potensial.

1. Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?
Search Engine Optimization adalah suatu seni untuk membuat website Anda menempati urutan teratas dari mesin-mesin pencari seperti Google, Yahoo & MSN.

2. Mengapa Kita perlu belajar SEO atau menggunakan SEO?
Dengan belajar SEO, Anda akan dapat mendatangkan trafik atau pengunjung ke website Anda. Yang lebih penting lagi ini adalah trafik yang datang adalah trafik yang memang sedang mencari produk atau servis yang Anda tawarkan.
Sebenarnya dengan SEO, mendapatkan trafik 4 kali lebih banyak dari trafik berbayar dan mendapatkan konversi 4x lebih tinggi dibandingkan Iklan-iklan Pay Per Click seperti Google Adwords.
Website Anda juga akan terlihat sebagai situs yang memiliki kekuasaan dan memegang peranan penting di industri tersebut. Ini bagus sekali untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pengunjung.

3. Bagaimana agar menaikkan ranking Website Saya dengan gratis?
Ada lebih dari 200 teknik yang dapat mempengaruhi rangking dari sebuah website pada Mesin Pencari, tapi hasil riset kami menunjukan bahwa ada 16-18 teknik yang paling penting dan dapat memberikan hasil cepat di Google.

4. Berapa lama dibutuhkan untuk bisa naik dengan bagus di mesin pencari?
Google mempunyai sebuah kriteria yang dinamakan Page Rank Tool Bar. Ketika situs Anda masih baru, Page Rank Anda adalah Nol. Frekwensi kunjungan robot Google ke sebuah situs sangat bergantung pada Page Rank dari sebuah website. Semakin tinggi Page Rank, maka semakin cepat website tersebut terindex, contohnya adalah berita paling baru, seperti Swine Flu, Anda akan dapat langsungmelihat banyak sekali berita dari CNN. Ini bisa terjadi karena Page Rank website utama mereka adalah PR8 atau 9.
Biasanya jika Anda melakukan teknik SEO yang benar, Anda akan dengan mudah melihat kemajuan yang luar biasa dari website ranking Anda dalam waktu 1 bulan.
Saya juga cukup sering menaikan ranking suatu website hanya dalam 7 hari saja. Ini bisa terjadi jika website Anda termasuk yang sudah terindex, setidaknya 6 bulan. Kalau website baru, pasti akan lebih sulit.

5. Bagaimana sebuah Mesin Pencari menemukan website?
Ada sebuah istilah dalam SEO yang dikenal dengan nama indeks.
Sebenarnya Anda bisa memberitahu Google tentang keberadaan website Anda dengan menggunakan Google Webmaster Tools.
www.google.com/webmasters/tools/
Setelah itu Anda dapat menambahkan sebuah sitemap.

6. Apa yang mempengaruhi ranking dari situs Saya?
Ranking situs Anda tergantung pada jumlah links/tautan yang mengarah pada website Anda dengan kata kunci yang relevan. Tentu saja Google akan memberi poin lebih tinggi jika Anda mendapatkan link dari industri yang relevan/ sejenis.
Ini juga tergantung pada kualitas dari backlinks. Ketika Saya mengatakan kualitas, artinya PR dari backlinks pada halaman dimana link Anda ditempatkan.
Tidak semuanya tergantung pada PR dari halaman dimana link Anda berada.
Selain itu sangat tergantung pada link yang keluar dari halaman.
Contoh:
PR5 Link. 100 link yang keluar. Poin link yang melewati Anda = 5/100 = 0.05
PR 1 Link, 2 link yang keluar. Poin link yang melewati Anda = 2/1 = 0.50
Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mencari website dengan PR tinggi yang idealnya adalah dengan sedikit outgoing link.

7. Apakah semua halaman dari website Saya benar-benar perlu dioptimalkan?
Tidak juga. Halaman indeks adalah yang terpenting. Namun, jika Anda ada waktu, coba pastikan meta keyword, meta description, title tag adalah berbeda dari setiap halaman.

8. Bisakah Anda garansi posisi no.1 dalam mesin pencari?
Hanya ada 8 sampai 9 perusahaan yang bereputasi yang menawarkan jasa SEO bergaransi. Kebanyakan dari mereka menawarkan garansi jasa Top 10.
Hanya kami yang memberikan Garansi jasa Top 5.
Kami juga dapat memberikan menawarkan garansi jasa Ranking Top 1 namun ini tarifnya lebih tinggi karena tingkat kesulitannya cukup tinggi

9. Bagaimana memilih kata kunci yang benar?
Ada sebuah perbedaan utama antara pemasar online & offline.
Pemasar Offline biasanya menbuat produk/jasa lalu mencari pasar mereka.
Pemasar Online berbeda, mereka melihat apa yang orang cari dan target kata kunci yang memiliki kebutuhan paling besar.
Untuk mengetahui jumlah pasti dari hasil pencarian, Anda dapat menggunakan alat dari Google sebagai berikut: https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

10. Apa yang harus Saya ketahui ketika memilih seorang konsultan SEO?
Anda harus mencari sebuah konsultan SEO dengan track record yang terbukti.
Pertama-tama, coba tes pengetahuan konsultan SEO dengan menanyakan mereka bagaimana Google melakukan sistem ranking mereka dan pengetahuan mereka pada algoritma Google. Selanjutnya tanyakan mereka tentang track record, termasuk sejumlah kata kunci yang sudah terindeks oleh gooole di ranking 1 untuk keyword klien mereka dan keyword mereka sendiri.
Kebanyakan konsultan SEO biasanya tidak menyediakan sebuah laporan pencari kata kunci. Alasannya mereka tidak ingin calon customer mereka tahu pastinya bagaimana pencarian dilaksanakan pada kata-kata kunci.Relatif mudah mendapatan tingkat no.1 untuk kata kunci dengan pencari rendah tetapi menjadi makin sulit bagi keyword/kata kunci yang banyak pesaing, seperti kata kunci yang berhubungan dengan Properti, Asuransi.

11. Mengapa jasa SEO sangat mahal?
Ada dua komponen utama pada SEO. Pengoptimalan Onsite dan Pengoptimalan Offsite.
Pengoptimalan Onsite adalah strategi yang dapat dikonfigurasikan pada website. Pengoptimalan Onsite dapat diselesaikan antara 2-3 hari waktu kerja.
Pengoptimalan Offsite adalah mencari webmaster lain untuk link kembali ke website klien mereka.
Tingkat penilaian Google untuk Pengoptimalan Onsite hanya 30% sedangkan Pengoptimalan Offsite adalah 70%.
Oleh karena itu Pengoptimalan Offsite merupakan sebuah proses yang lebih sulit dan memerlukan waktu yang lebih lama karena harus mendapatkan link yang mengarah pada website customer. Biasanya memakan waktu antara 1-6 bulan.
Mungkin inilah salah satu alasan mengapa jasa SEO kelihatannya mahal.
Sangatlah penting untuk dicatat, ketika Anda menggunakan jasa SEO, Anda harus menjual produk yang harganya cukup tinggi.
Contohnya, Saya punya seorang customer di Feng Shui yang tarif jasanya adalah $1,200 untuk memberikan nasehat fengshui pada properti. Dia sedikitnya mendapatkan 10 customer dalam sebulan dari websitenya karena muncul di Top Ranking, sehingga tiap bulan dia mendapatkan penghasilan $12,000 dari website saja.
Saya juga ada customer lain yang menjual kendaraan bermotor seharga 60-80ribu.
Mereka menempati ranking No.1 dari pencarian “Parallel Import Cars” pada kebanyakan mesin pencari dengan Google di seluruh dunia. Bayangkan menjual 20 kendaraan lewat online akan meningkatkan penghasilan 1.5 juta dollar per bulan.

12. Laporan seperti apa yang akan Saya dapatkan ketika Saya menggunakan Jasa Konsultan SEO?
Kebanyakan dari Konsultan SEO akan mengirimkan laporan kegiatan yang telah mereka selesaikan. Ini termasuk laporan yang menunjukkan link dari Lampiran Artikel, Pertukaran Link Partner, Blog Situs Komentar … dll, namun menurut saya semua laporan ini tidak ada gunanya.
Laporan terpenting yang Anda perlukan adalah Laporan Ranking dari Mesin Pencari.
Lupakan saja tentang pekerjaan operasional dari seorang Konsultan SEO Anda. Hal yang terpenting bagi Anda adalah melihat ranking kata kunci Anda, sebelum menggunakan jasa SEO dan sesudahnya.
Contoh Laporan

13.Kapan waktu yang tepat bagi Saya untuk memulai sebuah kampanye pengoptimalan mesin pencari dan berapa lama akan berakhir?
Waktu yang tepat untuk mulai kampenya SEO adalah ketika website telah sepenuhnya selesai.
Anda tinggal memberikan informasi: Misalnya: - Target Kata Kunci & Berapa banyak Kata Kunci agar mendapat Ranking Top 5.
Setelah itu, sediakan informasi FTP URL, Login ID & Login Password untuk Konsultan SEO.
Sebuah Kampanye SEO biasanya memakan waktu sedikitnya 6 bulan, kemudian. Anda tinggal mendiskusikan soal maintenance SEO.

14. Bagaimana Saya Tahu jika bisnis Saya meningkat sebagai hasil dari top ranking?
Kunci untuk meningkatkan bisnis Anda adalah tracking.
Jika Anda mengerjakan keduanya kampanye PPC/Adwords dan SEO, cobalah untuk menargetkan tujuan URLs yang berbeda.
Persiapkan 2 halaman yang berbeda untuk masing masing campaign. Misalnya: services.htm atau seo.htm.
Selanjutnya Anda dapat mengamati sebelum dan sesudah Alexa ranking misalnya jika Alexa Anda sebelumnya adalah 8,000,000 dan sekarang 2,000,000.
Ini bisa terjadi karena yang dibawa oleh PPC atau kampanye SEO.
Anda dapat melihat secara detail jika Anda menggunakan hosting Unix yang memiliki CPANEL. Semua yang perlu Anda lakukan adalah mengklik pada Webalizer untuk melihat laporan trafik lengkap dan Anda dapat dengan jelas melihat dimana trafik berasal dan halaman apa yang paling banyak dilihat yang termasuk dari mana trafik direferensikan.

15. Bagaimana membuat sebuah website yang disukai oleh Google?
Google menyukai website yang mengandung konten berkualitas.
Yang lebih penting lagi, isi konten harus yang unik.
Kebanyakan website statis dan Content Management Sites (CMS) tidak bagus untuk SEO, oleh sebab itu sebaiknya disinergikan.
Mengupdate konten lebih mudah lewat CMS seperti Wordpress, Blogger, Forums & Drupal.

16. Haruskah Saya menebalkan dan/atau memiringkan ungkapan kata kunci Saya di website Saya?
Menebalkan kata kunci memang menambahkan pentingnya keyword.

17. Dapatkah mesin pencari mengindeks situs-situs yang dinamis ? dan = (tanda Tanya) dalam URL?
Ya, namun sebenarnya lebih baik jika Anda dapat memberikan penamaan yang lengkap dari parameter. Ini dapat membantu dalam ranking SEO.
Misalnya: seo-articles.htm adalah cara yang lebih baik daripada ?1234.php.

18. Jika Saya mensubmit website Saya dan tidak terindeks, apakah artinya sudah dilarang/banned?
Jika website Anda sudah beredar lama, kemungkinan website Anda sudah dibanned.
Cara yang mudah untuk mengecek adalah menggunakan Google Banned Checker Tool di www.searchenginegenie.com

19. Bagaimana Saya mengotomasikan proses membangun link?
Banyak dari pertukaran link seperti Link Metro melakukan pertukaran pembangunan link secara otomatis. Namun ini sangat tidak direkomendasikan. Alasannya adalah ini.
Google tidak perduli dengan jenis website yang link ke Anda. Itu bisa saja situs terlarang, Situs Perjudian atau Situs Porno dan website Anda tidak akan terpengaruh.
Ketika Anda mengerjakan sebuah proses link otomatis , jika Anda tidak melakukan berhati hati, maka bisa saja website Anda tiba tiba link ke website terlarang, akibatnya nanti website Anda akan dipinalti.

20. Bagaimana menciptakan sebuah blog dari pengajuan SEO?
Anda dapat membuat banyak blog (isi yang berbeda) untuk menlink kembali ke website milik

21. Bagaimana Saya dapat menemukan berapa banyak trafik yang diterima oleh situs saingan Saya?
Sekilas, Anda dapat mengecek ranking Alexa website pesaing Anda.

22. Haruskah Saya mengoptimalkan bentuk jamak atau tunggal dari ungkapan kata kunci Saya?
Anda perlu menargetkan keduanya. Artinya berbeda, masing masing keyword mendapatkan jumlah pencarian yang berbeda, jadi sebaiknya Anda terindeks untuk keyword tunggal dan jamak.

23. Jika saya mempunyai semua halaman grafis, dimanakah dapat Saya tempatkan keyword untuk mesin pencari?
Anda dapat meletakkan kata kunci Anda sebagai Alt. Teks pada gambar. Anda dapat tambahkan Alt. Tags pada semua gambar yang relatif lebih mudah menggunakan Dream Weaver.

24, Haruskah Saya menambahkan sebuah robot mengikuti meta tag di halaman Saya?
Yang lebih penting meta tags adalah Meta Keyword Tag dan Meta Description.
Pengaturan Robot tag hanya berarti untuk web master yang berpengalaman.

25. Apa itu “Anchor Text”?
Anchot Text adalah suatu bagian paling penting dari SEO.
Contoh
Anchor Text 1 – http://www.abc.com
Anchor Text 2 – ABC Beer
Anchor Text 1 akan hanya meningkatkan Page Rank dari website ABC.Com. Namun, tidak akan meningkat banyak pada ranking dari kata kunci ABC Beer dimana ABC.com adalah targetnya.
Anchor Text 2 tidak hanya akan meningkatkan Page Rank dari website ABC.com, juga akan meningkatkan ranking kata kunci dari ABC Beer untuk ABC.com

26. Haruskah Saya menggunakan sebuah sitemap? dan apakah setiap orang memiliki satu contohnya?
Ya Anda harus.Dengan mempunyai sebuah sitemap, akan membantu Robot Mesin Pencari melakukan pencari yang lebih cepat pada website Anda.
Kebanyakan mesin mencari memeriksa website dari sitemapnya terlebih dulu: sitemap.html. Namun, Google hanya mencari dari file sitemap.xml. Di dalam file Sitemap.xml, dengan sangat jelas menunjukkan apa file update terbaru jadi Robot Google dapat menspesifikasikan hanya dengan mengecek pada isi baru yang telah diupload.
Anda dapat mengunakan situs dibawah ini untuk menghasilkan file sitemap gratis di www.xml-sitemaps.com

27. Bagaimana Saya mengatakan berapa banyak orang mencari kata kunci Saya?
Anda dapat menggunakan Alat Google External Adwords untuk mengecek angka pasti dari pencari di seluruh dunia. Di bawah tombol edit, Anda dapat mengedit bahasa dan Negara yang ingin Anda tanyakan.
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

28. Apa itu SERP?
Serp singkatan dari Search Engine Result Page adalah daftar dari halaman website yang kembali oleh sebuah mesin pencari dalam merespon ke sebuah permintaan kata kunci.
Hasilnya biasanya termasuk sebuah daftar dari halaman website dengan judul, sebuah link ke halaman dan sebuah penjelasan pendek yang menunjukkan dimana kata kunci memiliki kecocokan isi di dalam halamannya

29. Apa itu Geo Targeting?
Geo targeting artinya secara khusus menargetkan kata kunci yang berbeda dari Negara yang berbeda. Ini dimungkinkan karena google melacak alamat IP dari setiap orang yang menggunakan pencarian.
Misalnya dengan mengetik pada Google.com, akan membawa Anda pada Google.com.sg jika Anda berada di Singapura dan Google.com.my jika ada berada di Malaysia.
Anda hanya akan dapat mengakses Google.com hanya jika Anda secara spesifik mengklik pada Google.com pada halaman utama Google,

30. Apa itu Pengoptimalan On Page dan Off Page?
Pengoptimalan On page adalah strategi yang diterapkan pada website Anda dengan meletakkan keyword pada Title Tag, Meta Tag, ALT Tags, juga memperhatikan faktor Keyword Density. Pastikan semua link yang ada di website tidak terputus…dsb.
Pengoptimalan Offsite adalah mendapatkan link mengarah pada website Anda.
Cara Google melihatnya adalah semakin banyak link yang Anda miliki, semakin tinggi website Anda dianggap sebuah situs resmi sehingga rankingnya tinggi untuk kata kunci Anda.

31. Dapatkah Saya menggunakan jaringan sosial untuk meningkatkan ranking Saya?
Dengan menggunakan Jaringan Sosial, Anda dapat membawa trafik ke website Anda. Selama Anda mendapatkan sebuah DoFollow link pada website Anda, ini akan meningkatkan PR dari website Anda. Akan tetapi, untuk meningkatkan ranking dari kata kunci Anda, Anda harus memiliki dofollow link dengan anchor text dan page rank mengarah kembali pada website Anda.

32. Dapatkah Saya mengunakan social bookmark untuk meningkatkan ranking Saya?
Kebanyakan Social Bookmarks melakukan dofollow links namun kebanyakan dari mereka tidak mendukung anchor text. Pada fakta sesungguhnya, Anda hanya dapat meningkatkan Page Rank dari website dan tidak ada yang lain.

33. Dapatkah Saya menggunakan video untuk meningkatkan ranking Saya?
Video adalah alat yang sangat ampuh. Dengan menggunakan TubeMogul Anda dapat mengirim video Anda ke banyak situs.
Ada cara untuk mendapatkan PR backlinks dofollow yang tinggi ke website Anda tapi ini adalah teknik rahasia yang tidak dibocorkan oleh konsultan SEO.

34. Dapatkah Saya memakai audio untuk meningkatkan ranking Saya?
File Audio atau file SWF adalah file yang dikompres atau diperkecil.
Google tidak dapat melacak link atau text atau HTML dari sana. Namun, Google dapat mengindeks dan melacaknya jika berupa file word dan PDF. Oleh karena itu mendapatkan backlinks dari Word & dokumen PDF adalah mungkin jika filenya terindeks.

35. Dapatkah Saya menggunakan flash untuk meningkatkan ranking Saya?
Tidak. Kebanyakan website Flash tidak akan diranking dengan baik walaupun beberapa memiliki PR tinggi. Website Flash hanya dapat dikonfigurasi lewat Title Tags, Meta Keywords & Meta Description. Namun, Anda tidak perlu berputus asa karena sebenarnya masih ada beberapa konfigurasi kecil yang bisa dilakukan untuk membuatnya ramah bagi mesin pencari.

36. Dapatkah Saya menggunakan website gratis untuk meningkatkan ranking Saya?
Selama website tersebut memiliki PR tinggi, Anda dapat meningkatkan ranking Anda dengan mendapatkan link dari sana. Namun, Saya ingin memberikan peringatan pada Anda sebagai pemasar online dan pengusaha yang ingin mendaftar di blogspot, wordpress atau bahkan freewebs.com, karena Anda terlihat bukan sebagai seorang pebisnis yang serius.
Dengan memiliki domain dotcom yang harganya hanya usd9.25 dan hosting harganya paling murah usd9.95 sebulan, ini sangat menunjukan keseriusan dan meningkatkan kredibilitas.
Ini harus menjadi modal dasar bagi Anda, bukan untuk dihemat.

37. Dapatkah Saya menggunakan directori untuk meningkatkan ranking Saya?
Kebanyakan direktori tidak berguna kecuali dari DMOZ.
Namun, tidaklah mudah mendapatkan sebuah link direktori DMOZ dimana ini pada umumnya ditangani oleh editor bebas yang kemungkinan ada konfilk kepentingan.

38. Dimanakah mendapatkan alat SEO GRATIS?
Website ini memiliki seluruh seri dari Alat SEO yang baik yang bisa kita gunakan.
www.searchenginegenie.com 
sumber : tipsakti.com/seo 

ingin mencoba kiat-kiat promosi web/blog???? silakah klik di sini


Responses

0 Respones to "Sekilas Tentang SEO"

Poskan Komentar