Computer Articles And Tutorial

Pengantar jQuery pada Website



jQuery merupakan sebuah framework dan cara baru dalam menuliskan kode javascript. jQuery akan mempercepat dan meringkaskan library javascript sehingga dengan menggunakan jQuery kita dapat mempercepat perpindahan dokumen HTML, penanganan event (event handling), pembuatan animasi didalam web sehingga web kita tampak seperti flash, dan juga interaksi AJAX untuk pengembangan web yang modern dan cepat.
jQuery mempunyai lisensi dibawah GNU artinya jQuery  merupakan aplikasi yang Open Source dan bebas di publikasikan oleh siapapun. Ukurannya juga cukup kecil yaitu sebesar 56 KB (compressed) sehingga menggunakan jQuery menjadi jauh lebih cepat dan mudah daripada menggunakan framework yang lain atau menggunakan Javascript Konvensional.

Bagaimana Cara jQuery bekerja?!


1. jQuery akan memastikan bahwa semua elemen atau elemen yang diinginkan sudah ditampilkan semua dihalaman web, fungsi yang digunakan adalah :
$(document).ready(function(){
//baris kode jQuery akan dijalankan
//apabila semua elemen sudah ditampilkan semua

}

2. Setelh semua elemen ditampilkan, tahap berikutnya adalah memilih elemen berdasarkan class atau id yang telah didefinisikan. dalam hal ini, jQuery menggunakan fungsi Selector. Contoh skripnya :

$("#foto")
$(".sembunyi")
$(".tampil")


3. Setelah elemen dipilih, tahap berikutnya adalah memberikan aksi/operasi terhadap elemen yang sudah dipilih. Misalnya, operasi klik dan hide, dimana apabila tombol diklik, maka akan menyembunyikan elemen foto.

$ (".sembunyi").click(function){
$("#foto").hide("slow");
});


Dengan memahami cara kerja jQuery, semoga lebih mempermudah anda dalam mempelajari jQuery.



Responses

0 Respones to "Pengantar jQuery pada Website"

Poskan Komentar